| | | | | | |
Selasa, 07 Juli 2020  
DariRiau.com / Bengkalis / Pemkab Bengkalis Kembali Raih Opini WTP dari BPK

Pemkab Bengkalis Kembali Raih Opini WTP dari BPK


Rabu, 31/05/2017 - 07:41:24 WIB

DARIRIAU.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI). Prestasi ini adalah kali keempat secara berturut-turut sejak Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2013.

Bupati Bengkalis, Amril Mukminin dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis H Indra Gunawan Eet, menerima secara langsung dokumen Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas pemeriksanaan LPKD Tahun 2016 dari Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Riau, Harry Purwaka, Selasa (30/5/2017) petang, di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Riau di Pekanbaru.

Keberhasilan Pemkab Bengkalis dalam meraih WTP tersebut semakin terasa istimewa, karena Bupati Amril Mukminin, dipercaya menyampaikan sambutan mewakili sejumlah Kepala Daerah lain yang juga hadir dalam kesempatan itu.

Selain Bupati Amril Mukminin, memang ada tiga Bupati yang pada kesempatan sama menerima LHP atas pemeriksanaan LKPD Tahun 2016 tersebut. Yaitu Bupati Kepulauan Meranti H Irwan, Bupati Indragiri Hulu H Yopi Arianto, dan Bupati Rokan Hulu H Suparman. Sebagaimana Bengkalis, ketiga daerah itu juga mendapatkan opini WTP.

Dikatakan Amril, keberhasilan Kabupaten Bengkalis kembali menerima opini WTP atas terhadap pemeriksaan LKPD 2016 ini, merupakan hasil dari upaya kerja keras dan sinergitas semua pihak di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini.

"Terima kasih atas komitmen bersama semua pihak di Kabupaten Bengkalis dalam meraih WTP untuk yang keempat kalinya ini. Begitu juga dengan BPK RI Perwakilan Riau yang selama ini sangat komunikatif dan solutif membimbing Pemkab Bengkalis dalam mengelola keuangan daerah," ujar Amril sebelum meninggalkan BPK RI Perwakilan Riau di Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru.

Ditambahkan Amril, kembali berhasilnya Kabupaten Bengkalis mendapat opini WTP ini memiliki arti penting, karena sesuai dengan visi dan misi pembangunan daerah ini tahun 2016-2021, untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, transparan dan akuntabel.

Turut mendampingi Bupati Amril dan Wakil Ketua DPRD Bengkalis Indra Gunawan menerima dokumen LHP atas pemeriksan LKPD Kabupaten Bengkalis tahun 2016 itu, diantaranya Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah H Arianto.

Kemudian Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah H Bustami HY, Plt Inspektur Suparjo, Kepala Bappeda H Jondi Indra Bustian, Direktur RSUD Mandau Ersan Saputra dan Direktur RSUD Bengkalis H Suheiry Zein.

Jika dirunut ke belakang, WTP untuk LHP atas pemeriksaan LKDP tahun 2016 ini, merupakan WTP yang keempat kali diterima kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini sejak LKDP tahun 2013.

Atas keberhasilan tersebut, Bupati Amril mengajak seluruh pemangku kepentingan terkait, untuk menjadikan LHP atas pemeriksaan LKPD tahun 2016 dari BPK RI Perwakilan Riau ini sebagai salah satu sarana dan informasi, untuk memotivasi dan meningkatan kinerja.

"Keberhasilan ini merupakan hasil dari upaya kerja keras dan sinergitas semua pihak di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini. Untuk itu, mari bersama-sama kita jadikan salah satu sarana dan informasi, guna mewujudkan dan mempertahankan sistem pengelolaan dan pemanfaatan keuangan daerah yang semakin transparan dan akuntabel,"ajaknya.

Kemudian, ajak Bupati Amril lagi, masing-masing pemangku kepentingan terkait harus dapat menyelaraskan opini WTP ini, sebagai salah satu motivasi untuk mempercepat keberhasilan peningkatan kemajuan, kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

Di bagian lain Bupati Amril mengingatkan agar semua pihak tidak cepat merasa puas atas keberhasilan itu. Alasannya, ke depan, dapat dipastikan jenis pemeriksaan yang bakal dilakukan, juga akan mengalami peningkatan.

"Ke depan, suatu daerah akan semakin sulit, untuk mendapatkan ataupun mempertahankan opini WTP yang diperoleh. Karena itu, jadikan keberhasilan ini sehingga benar-benar memberikan manfaat bagi upaya peningkatan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan daerah di Kabupaten Bengkalis," tutupnya.



| | | | | | | |
Redaksi
Copyright © PT. INSPIRASI DARI RIAU, All Rights Reserved - (2012-2015)